PERINGATAN ! PENTING ! Anda JANGAN KLIK APAPUN YANG BERTENTANGAN DENGAN AJARAN ISLAM DI BLOG / WEBSITE INI ! BILA ANDA RAGU , TANYAKAN DULU PADA KYAI, GURU AGAMA, ULAMA, USTAD AGAR ANDA TIDAK MENDAPAT DOSA ! NB:PEMILIK BLOG www.rasabunga.blogspot.com TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS DOSA ANDA TERKAIT BLOG/WEBSITE INI. ~~selamat memasak~~Dapatkan Info Resep makanan ~~ semoga nikmat,enak,lezat,gurih ~~
Loading...
Minggu, 10 Maret 2013

Cara Membuat Martabak Bihun dan Bumbu Petis

Cara Membuat Martabak Bihun dan Bumbu Petis, Martabak Seringgitan, Martabak Mie Usus. Cara Mudah Membuat Martabak Bihun bagi pemula dan gampang. Martabak murah meriah itu relative, Martabak Bihun atau biasa disebut martabak mie biasanya lebih sering kita jumpai dijual di kampung-2. Penjualnya biasanya ibu-2 dengan meja kecil, adonan martabak, bihun goreng and tentu saja kompor plus wajan untuk menggoreng karena memang martabak ini enak banget dimakan selagi hangat dengan sambal petis hmm.. yummy :D
Umumnya menyebut martabak mie ini sebagai martabak seringgitan atau anda bisa mengenang sebagai martabak nostalgia. Bikinnya mudah, cuma memang butuh ketelatenan untuk membuat martabaknya. Untuk resepnya coba aja siapa tau anda cocok dan senang, berikut ini resepnya.
Bahan-2 untuk adonan kulit martabak :
- Tepung terigu ± 400gr (versi saya 300gr saya pakai tepung terigu protein tinggi cakra kembar, 100gr saya pakai tepung terigu segitiga biru protein sedang).
- Air dingin secukupnya.
- Bawang putih ± 4 – 5 siung
- Garam secukupnya.
Bahan-2 untuk isi martabak :
- Bihun jagung ± 250gr
- Wortel (potong kecil-2)
- Kubis (potong-2 tipis)
- Bawang merah ± 7  siung (4 siung bikin bawang goreng)
- Bawang putih ± 4 siung
- Bawang prei (potong-2)
- Merica dan garam secukupnya.
- Air untuk memasak bihun.
- Minyak sayur untuk menumis bumbu.
Bahan bumbu petis
- Petis ± 100 grm
- Cabai merah kecil
- Bawang putih
- Asam Jawa
- Gula Jawa
- Air secukupnya

Cara membuat kulit martabak :
- Haluskan bawang putih dan garam. Campurkan bawang yang sudah dihaluskan ke dalam tepung terigu dan masukkan air dingin sedikit demi sedikit. Uleni hingga kalis.  Tips untuk membuat adonan kalis versi saya, biasanya saya masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dibanting-2 (butuh banyak tenaga ya :D )
- Bila sudah kalis alias tidak lengket di tangan, bagi adonan menjadi bulatan kecil-2 ± 30gr. Rendam adonan yang sudah menjadi bulatan kecil-2 tadi dalam minyak sayur (minyak goreng) ± 1 jam. Gunanya agar nanti adonan mudah dibentuk menjadi kulit martabak.
Sementara menunggu, biasanya saya bikin isi martabaknya yaitu Bihun Goreng.
Cara membuat bihun goreng :
- Panaskan air dan beri garam secukupnya. Masukkan Bihun. Bila kira-2 sudah dirasa matang, ambil bihun dan tiriskan.
- Haluskan bawang merah, bawang putih, garam dan merica.
- Tumis bumbu dan potongan bawang prei sampai harum. Masukkan potongan wortel dan kubis. Setelah itu masukkan bihun yang sudah ditiriskan.
- Masak sampai bihun matang. Taburi dengan bawang goreng.
Cara  membuat martabak :
- Ambil adonan martabak yang sudah dibentuk bulat kecil-2. Pipihkan. Versi saya, biasanya adonan saya taruh di bagian belakang piring yang rata dan dipipihkan dengan menggunakan plastik. (Seperti cara ibu-2 yang jual martabak)
- Isi dengan bihun goreng dan bentuk sesuai selera (segitiga atau model pastel), yang penting bihun tidak keluar sewaktu digoreng.
- Goreng martabak yang sudah diisi bihun. Tips : gorengnya pakai api kecil saja biar matangnya rata.
Cara membuat bumbu petis :
- Haluskan cabai merah, bawang putih, asam jawa dan gula jawa. Campur dengan petis.
- Masukkan air sesuai selera (kalau ingin bumbu petisnya kental airnya sedikit saja).
- Masak sampai matang.
Martabak isi bihun siap disajikan lengkap dengan bumbu petis dan cabai hijau.

fafan (penggemar martabak seringgitan :D , murah meriah, tradisional, nek pedes isok-isok mencret gara-gara lombok hahaha... )
Pelaku utama ulasan Sarida
Sekian selamat mencoba Cara Membuat Martabak Bihun dan Bumbu Petis

1 komentar:

 
Toggle Footer
TOP